New Ecoline Model Bus Terbaru dari Karoseri Rahayu Santosa

Sepertinya di Tahun 2015 menjadi tahun tahun pembaharuan pada divisi produksi Karoseri Rahayu Santosa (RS). Sebelumnya mereka telah menata jalur produksi selama dua-tiga tahun terakhir, di saat model bus New Celcius, Euroliner dan Skyliner lahir. Pada model body bus Ecoline perubahan semakin signifikan. Jika melihat eksetrior yang ada pada Ecoline, perlahan-lahan garis bodi yang melekat sejak Millenium, Celcius dan Concerto mulai berubah. Begitu juga dengan garis-garis yang bisa kita lihat pada Skyliner sudah mulai bergeser pada Ecoline ini. Satu-satunya yang bisa menandai jejak Skyliner hanya pada bagian ‘kepala’. Mulai pintu depan hingga ujung bumper.


Bentuknya yang  lebih pipihh dan bagian bawah sedikit agak maju dari bagian atas terasa menonjol. Menggunakan lampu yang kini sedang menjadi tren juga mempermanis tampilan depan. Begitu juga dengan foglamp yang menempel pada bumper, mengingatkan kita pada Skyliner. Jangan sampai terkecoh, sekilas pada bumper ada lubang hitam mirip kisi-kisi angin pada kebanyakan mobil kecil seperti sedan. Kisi-kisi palsu ini dibuat sebagai aksen pendukung tampilan. Garis pemisah antara bodi atas dan bumper dibuat dengan halus mengikuti garis lampu utama karena bumper dibuat menyatu dengan bodi atas.



Di sisi samping aksen di kaca pertama setelah pintu depan dibuat lain dari model-model Karoseri RS sebelumnya. Mirip dengan desain bus Discovery dari karoseri laksana, bedanya pada Ecoline adalah lebih panjang. Di sudut bagian belakang bus, jejak Euroliner bisa kita lihat. Ciri khas Karoseri RS dengan kaca samping yang tinggi/lebar juga dipertahankan.








Evolusi Karoseri RS terlihat jelas pada bagian belakang. Cowl belakang lebih tipis dari model-model sebelumnya. Garis tegas dan sudut agak tajam menggantikan ciri khas lama yang selalu menghadirkan sudut halus dan cenderung lengkung yang membuat bagian ini terlihat besar dan menggembung. Di sisi kabin penumpang, interior terlihat sederhana. Tetapi yang menarik adalah tak terlihat pegangan yang biasanya terlihat seperti sekat-sekat di bagasi atas. “Tidak ada ‘pegangan’ di bagasi atas .Dari sisi kabin inilah kita bisa melihat kelas yang ingin disasar Ecoline, yakni kelas bus untuk segala kebutuhan, seperti halnya New Celcius yang berada di kelas Silver dalam jajaran produk bus besar karya Karoseri RS.

.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top