Chasis Bus Terbaru 2015 Mercedes Benz OC 500 RF 2542

Mercedes Benz OC 500 RF 2542 saat ini menjadi pembicaraan bagi penggemar bus di Indonesia, karena Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini masih dibilang sangat baru . Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini diimport dari Spanyol dengan menggunakan mesin OM457LA yang jelas lebih kuat dan efisien jika digunakan untuk angkutan umum. Nah apa saja keunggulan dengan chassis Mercedes Benz terbaru ini ?? mari kita bahas lebih detail.





Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.


Dimensi ini chassis bus baru di 2.500 x 14,355 x 1,720 mm. (lebar x panjang x tinggi). Mesin pada Mercedes Benz OC 500 RF 2542  ini dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.

Hebatnya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari mercedes benz yaitu:

1. Disk Break

2. Electronic Stability Program (ESP®) atau sistem anti-selip.

3. Sistem pengereman elektronik (EBS)

4. ABS (antilock Breaking System)

5. Retarder untuk memastikan daya pengereman dan  ASR Sistem pengereman.


Suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Poros roda belakang, bagian paling penting dari ini chassis bus baru ini karena sangat kuat untuk memastikan penggunaan yang tahan lama, dan memberikan pengalaman berkendara yang superior dan daya sistem pengereman maksimum. Yang menarik dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada  poros roda ketiga yang dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik.


Berikut spesifikasi Mercedes Benz OC500RF 2542
MESIN
Mesin :
- Mercedes-Benz OM457LA Euro 3
- Diesel, 6 segaris, injeksi langsung dengan turbo charger & Intercooler
Diameter/langkah : 128 / 155 mm
Total displacement : 11.967 cm3
Daya maks. : 310 kW (422bhp) pada 1.900 rpm
Torsi maks : 1.900 nm pada 1.100 rpm
Kopling :
- MFZ 439 Plat kering tungal, pegas diafragma
- Digerakan secara hidro-pneumatik dengan bantuan servo
Transmisi :
- ZF AS Tronic 12
- Manual, Automatic 12-kecepatan maju
- Dilengkapi dengan ZF-Intrader
Perbandingan gigi :
12.326 / 9.59 / 7.435 / 5.784 / 4.565 / 3.552 / 2.7 / 2.101 / 1.629 / 1.267 / 1 / 0.778 dan R = 11.41
kecepatan maks : 120 km/h
Daya tanjak : 48%

AXLE
1st axle : Independen RL75E
Kapasitas 1st axle : 7.000 kg
2nd axle : MB-HO6 / 3 DLC(S)-13
Perbandingan gigi : l : 2.846
Kapasitas 2nd axle : 10.000 kg
3rd axle : ZF RL 75 actively steered trailing axle
Kapasitas 3rd axle : 7.000 kg
Total GVWR : 24.000 kg

SUSPENSI
Suspensi depan :
- Suspensi udara dengan 2 balon udara
- 2 peredam kejut dengan double acting, stabiliser
- satu buah penyetel level kontrol
Suspensi belakang :
- Suspensi udara dengan 4 balon udara
- 4 peredam kejut dengan double acting, stabiliser
- dua buah penyetel level kontrol

REM
Rem utama : Dua jalur udara tekan penuh dengan disc brake
Rem parkir : Pegas, kendali udara tekan penuh pada gandar belakang
Retarder :
- ZF-Intrader, digerakan secara elektro-hidrolik
- dioperasikan melalui lever pada steering column dengan 5 step
Tambahan keselamatan :
- EBS (Electronic Braking System)
- ABS (Anti-lock Braking System)
- ACR (Acceleration Skid System)
- ESP (Electronic Stability Program)
Kemudi : Power Steering ZF-Servocom 8098
Ban & Pelek : 8.25 x 22.5 / 295/80 R 22.5

KELISTRIKAN
Sistem : 24 volt
Alternator : 1 x 28 V / 140 A
Baterai : 2 x 12 V / 200 Ah
 
Tangki bahan bakar : Diatas gandar belakang
Kapasitas tangki : 600l

DIMENSI
Jarak sumbu utama : WB (mm) 3.000 (pabrik) / 6.300 (karoseri)
Jarak sumbu antar roda : WB1 (mm) 1.350
Julur depan : FOH (mm) 2.570
Julur belakang : ROH (mm) 2.825
Tinggi : OH (mm) 1.700
Panjang total : OL (mm) 9.745 (pabrik) / 13.500 (karoseri)
Lebar keseluruhan : OW (mm) 2.400
Jarak pijak roda depan : FR Tr (mm) 2.088
Jarak pijak roda belakang : RR Tr (mm) 2.199
Radius putar (mm) 11.900 mm

Dan berikut ini PO Kurnia yang merupakan Perusahaan Otobus pertama di Indonesia yang berasal dari Aceh yang memiliki chassis Mercedes Benz OC 500 RF 2542  dimana body bus PO Kurnia dibangun dengan body Jetbus HD 2 Karoseri Adiputro. Berikut kami berikan foto-foto yang kami ambil dari Adiputro Instagram


PO Kurnia Mercedes Benz OC 500 RF 2542

PO Kurnia Mercedes Benz OC 500 RF 2542


.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top