PO Harapan Jaya Dengan Chasis SCANIA K 410 Akan Segera Hadir Agustus 2017

Ya inilah SCANIA K 410 series chasis bus triple axle yang kini sudah muali meramaikan dunia perbisan di Indonesia,PO Satria Muda asal kota Purwokerto yang sudah menggunakan chasis bus ini, dan di gadang-gadang sebagai PO bus pertama  yang menggunakan Chasis ini di Indonesia,  yap kini giliran PO Harapan Jaya juga telah mendatangkan chasis premium yaitu SCANIA K 410 triple axle, informasi ini penulis dapatkan dari website resmi PO Harapan Jaya, "Kabar gembira…
PO. HARAPAN JAYA dengan bangga mempersembahkan unit terbaru kami scania K410. Yang diperkirakan dapat mulai beroperasi agustus 2017
" kalimat itulah yang saya kutip dari website PO Harapan Jaya jadi jika anda adalah pelanggan setia PO Harapan Jaya dan ingin merasakan sensasi SCANIA K 410 tunggu kehadirannya pada Agustus 2017.







Sebenarnya apa sih kelebihan dari chasis SCANIA 3 Axle, penulis akan mencoba sedidkit mengulas profil dari chasis ini, dengan mesin kubikasi besar dan 3 sumbu roda kini mulai menjadi tren baru di dunia perbisan  di Indonesia. Sebelumnya PO Sumber Alam juga memiliki bus dengan 3 sumbu roda akan tetapi itu adalah hasil modifikasi, sekarang trend  itu semakin menguat dengan 3 Axle yang menganut 4 Wheel Steering yang berguna kala melakukan manuver – manuver di area yang sempit.



SCANIA K410EB inilah yang bisa melakukannya dengan baik, chasis yang menganut tipe modular, sehingga membebaskan karoseri berkreasi,chassis SCANIA  ini masuk ke Indonesia pada tahun 2015 lalu dan tepatnya sekitar bulan Juli 2015 melalui agen tunggal United Tractor. Chassis SCANIA yang merupakan pesanan dari PO. BGS Satria Muda Purwokerto yang kala itu langsung mengaplikasikannya ke Karoseri Adi Putro untuk dirakit  dengan body Jetbus 2+ SHD. Berikut ini adalah

Spesifikasi dari Scania K410
  • ENGINE
    13 litre DC13 107 EURO 3
    4-stroke 6-cylinder in-line, 4-valves per cylinder,
    turbo-charged, intercooled, Scania PDE injection
    (separate electromagnetically controlled unit injectors)
    and air cleaner.
    Maximum Output
    301 kW (410 hp) @ 1,900 r/min
    Maximum Torque
    2,000 Nm @ 1,000 – 1,350 r/min
    Equipped with:
    Cruise Control
    Speed Limiter
    Centrifugal engine oil cleaner
  • GEARBOX
    GR875R, 8-speed Scania Opticruise with kick-down
    and oil cooling for gearbox.
    RETARDER
    Scania Retarder – automatic and manual control.
    AXLE GEAR
    R660, gear ratio 2.73
    COOLING SYSTEM
    Hydraulic driven, temperature – regulated cooling fan
    at 80°C.
    FUEL SYSTEM
    500 litres aluminium tank, fuel filter chassis mounted
    with water separator.
  • BRAKES AND SAFETY
    Disc brakes on front and rear axle, full air brakes with
    independent circuits for front, rear & parking circuits,
    with following as standard:
    • Electronic Stability Programme (ESP)
    • Electronically controlled Anti-lock Braking System
    (EBS)
    • Traction Control (TC)
    • Interlock valve with parking brake
    • Asbestos-free linings
    • Hill Hold function
    AIR DRYER
    High capacity air dryer with intelligent compressor
    control and oil separator.
    SUSPENSION
    Front (2) and rear (4) and tag axle (2) air bellows, with
    heavy duty shock absorbers, anti-roll bars on all axles.
    Total raising and lowering suspension.
  • STEERING
    Hydraulic powered. Fully adjustable steering
    wheel column, with air-powered locking mechanism.
    Right hand drive.
    FIRE ALARM SENSORS
    3 (three) fire alarm sensors located in engine
    compartment.
    ELECTRICAL SYSTEMS
    Alternator : Heavy duty 150A + 150A
    Master Switch : Located at batteries
    Batteries : 2 x 220 Ah capacity
    (Maintenance-free)
  • INSTRUMENT GAUGES
    Speedometer km/h; r/min meter; air pressure; fuel;
    temperature; LCD multi-display panel, individual start
    function key with engine stop request, automatic return
    on direction indicator level with button for
    windscreen washing.
    TYRES AND RIMS
    295/80 R22.5 tubeless tyres on 9.00 x 22.5 rims
    in the front and rear with spare, splash guard,
    front hub cover.
    TECHNICAL SPEC
    Front axle load (Max) : 7,500 kg
    Rear axle load (Max) : 11,500 kg
    Tag axle load (Max) : 6,000 kg
    Gross vehicle weight : 25,000 kg
    DIMENSIONS
    Axle distance (A) : 5,850 mm (variable)
    Bogie distance (B) : 1,300 mm
    Front overhang (I) : 2,500 mm
    Rear overhang (J) : 4,000 mm
    Chassis length : 12,350 mm (variable)
    Chassis width : 2,500 mm
    WHEEL LOCK : 52° (max)
    TURNING CIRCLE (Ø) : 20.1 m, kerb-to-kerb

NB : Spesifikasi diatas mungkin sedikit memiliki perbedaan dengan versi Indonesia, yang mana Indonesia unit yang masuk mengalami penyesuaian sesuai kondisi geografis di Indonesia.





Berdasarkan  informasi dari beberapa blog ada beberapa perbedaan  K410 ini dengan akhiran K410iB , sedangkan merujuk pada Website Scania langsung, Varian yang ada untuk K410 ini adalah K410EB. Yang mana varian E memiliki sisi lebih pada kenyamanan dan diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh, dibandingkan varian i yang merupakan akronim dari intercity (antar kota) yang memiliki range jarak dekat – jauh.

Scania K410EB ini memang layak menjadi musuh terkuat dari Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. Karena memiliki kekeuatan yang sama di angka 400 – 420 hp, perbedaan 10 hp tidak akan begitu berarti. Hanya PR besar bagi Scania yang bernaung dibawah United Tractor (Astra Group) adalah bagaimana caranya mempopulerkan K410EB ini sebagaimana Mercedes – Benz berhasil melakukannya pada 2542. Disamping itu jangan lupakan juga si “naga emas” Golden Dragon XML6145D13 yang merupakan varian termurah dari bus 3 axle yang beredar di Indonesia saat ini.

Sumber Gambar :  http://www.poharapanjaya.com/wp-content/uploads/2017/05/scania-K410_A.jpg




.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top