Model Bus Terbaru dari Karoseri Rahayu Santosa "Skyliner"

Pernahkah Anda melihat atau mendengar model bus Skyliner? Nama Skyliner  bukanlah  nama baru bagi model bus dari Karoseri Rahayu Santosa. Nama ini pernah dpakai, saat bisnis transportasi bus sedang jayanya  di tahun 1990-an. Nama-nama model body bus  yang pernah muncul pada masa itu, kini dimunculkan lagi oleh Karoseri Rahayu Santosa. Selain model Skyliner ada pula Euroliner.

Apa saja keunggulan dari Skyliner sehingga dikategorikan sebagai bus Premium? Pertama, hanya menggunakan chassis bus dengan tipe spaceframe untuk body Skyliner. Kedua, model ini juga hanya ditujukan untuk chassis yang menggunakan suspensi udara. Kenapa? “alasannya adalah untuk membuat bus yang berkelas, nyaman untuk penumpang, dan yang paling penting tanpa mengabaikan faktor keselamatan

Sumber Gambar: www.bismania.com


Beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari Skyliner adalah Chassis spaceframe untuk Skyliner, tujuannya adalah  tak lain agar bus memiliki bagasi yang lapang. kelapangan bagasi bertambah karena Skyliner adalah bus berlantai tinggi atau yang paling popular disebut high deck. Tinggi di dalam ruang bagasi bias mencapai satu meter sehinga luas ruang bagasi keseluruhan mencapai 6,8 meter persegi.
Sumber Gambar: www.bismania.com

Syarat lainnya adalah  harus menggunakan chassis bersuspensi udara buatan pabrikan, hal ini terkait dengan label bus Premium yang disandang oleh Skyliner. Karoseri Rahayu Santosa memang tak mau menambahkan fitur suspensi udara pada chassis non-suspensi udara dalam setiap bus yang mereka buat. Model baru ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang mulai dimasuki oleh chassis-chassis spaceframe yang dilengkapi suspensi udara. Setidaknya ada dua pabrikan yakni Mercedes-Benz dan Scania yang menawarkan chassis seperti itu.
Sumber Gambar: www.bismania.com

Bus ini,, dikhususkan sebagai bus yang sangat memperhatikan kenyamanan penumpang. Saat memasuki bus, anak tangga terasa lebih enak. Tidak perlu mengangkat tungkai kaki sebatas paha untuk naik ke dalam bus. Kelebihan lain dari bagasi di atas kursi. Jika dilihat sepintas, tak ada yang berbeda dari bus-bus lain. Tapi pada saat penumpang mengarah ke tempat duduk, kepala penumpang tidak akan terbentur bagasi atas. Bagasi bertutup juga lebih lapang,tidak ada sekat di bagasi atas dalam setiap pintunya sehingga penempatan barang jadi lebih mudah. Konsep Skyliner, sudah mengadopsi fitur-fitur bus di Eropa yang mengutamakan kenyamanan.

Sumber Gambar: www.bismania.com

Salah satu contoh pentingnya kenyamanan adalah penerangan di dalam kabin yang ditata lebih 'ramah' mata saat pada saat perjalanan malam hari. Lampu malam ditempatkan di bawah kursi, sedangkan di bagian atas hanya ada di bagian tengah dan belakang. Lampu malam yang menggunakan lampu  LED ini ditata sangat menarik dan menyatu dengan desain ornamen/profil plafon. Namun, pengemudi harus berhati-hati jangan sampai salah pencet tombol karena masih ada lampu 11 warna yang berganti-ganti yang dipasang memanjang dari plafon depan hingga ke belakang. 
Sumber Gambar: www.bismania.com

Lantai bus juga dibuat lebih  tinggi dari model body bus biasa,dengan lantai yang lebih tinggi penumpang bisa melihat situasi di luar dengan leluasa. Tidak hanya pemandangan di sisi kiri dan kanan bus, tetapi juga ke arah depan. Total tinggi Dari bus ini mencapai 3,8 meter dan lebar 2,5 meter sehingga sangat terasa lega di dalam kabin penumpang. Ada pula fitur yang jarang dimiliki bus lain yakni kamera yang diletakkan di belakang bus sehingga pengemudi juga mengetahui situasi di belakang saat memarkirkan bus. “Spion bus sengaja kami buat rendah agar konsentrasi pengemudi terjaga. Tak perlu menengadah saat melihat spion, ada kamera juga di belakang untuk memudahkan saat parkir,”.
Sumber Gambar: www.bismania.com

Secara garis besar, penampilan luar Skyliner memang terlihat cukup cukup tinggi , ini bisa dilihat dari lebarnya lambung yang menjadi ciri khas bus-bus buatan RS. Kaca samping juga terlihat lebar, mempertegas bahwa bus itu berlantai tinggi. Di bagian depan, lampu model terbaru disematkan mengikuti kontur ’wajah’. Jika diperhatikan secara cermat, masih terlihat guratan ‘wajah’ Euroliner. di bagian belakang pun, lampu Euroliner juga disandang Skyliner. Hanya sedikit perubahan di bagian kaca belakang dan bumper untuk membedakan tampilan.
Sumber Gambar: www.bismania.com

Jika di lihat dari sisi model,  mayoritas karoseri yang ada saat ini cukup bersaing. karoseri-karoseri di Indonesia berlomba-lomba menampilkan yang terbaik sehingga kualitas bus juga semakin baik. “Yang diuntungkan tentu saja pelanggan ya, karena semakin banyak model yang ditawarkan maka pilihan kami juga beragam, dan tentunya pelanggan bus kami juga ikut menikmatinya,”)
.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top