Proses Produksi Bis di Karoseri Rahayu Santosa

Mungkin dalam benak anda pernah bertanya-tanya bagaimana sebuah bis dibuat, mulai dari chasis, komponen-komponen dan proses pembuatannya di karoseri, berikut ini adalah Proses Produksi Bis di Karoseri Rahayu Santosa yang saya kutip dari website resmi Karoseri Rahayu Santosa. Proses membuat bis melibatkan beberapa divisi diantaranya

a. Product Planning Inventory Control (PPIC)
PPIC membuat rencana dan jadwal produksi dalam bentuk Master Production Planning (MPP) dan Master Production Schedule (MPS). PPIC juga membuat rincian alokasi material setiap unit bis yang telah dipesan oleh customer sesuai dengan Request Order Customer (ROC).








b. Purchasing
Kebutuhan material yang telah dibuat oleh PPIC akan diorder oleh purchasing ke supplier.






c. Warehose (gudang) 
Material maupun komponen dan bahan baku lainnya disimpan di gudang untuk selanjutnya di distribusikan ke setiap jalur proses produksi.








d. Produksi
Pada tahapan produksi terdiri dari beberapa sub produksi diantaranya produksi komponen (proses pembuatan material pipa dan plat untuk dibentuk menjadi komponen-komponen), production assembly (proses perakitan komponen-komponen), pra produksi (proses pemasangan bracket-bracket pada chassis yang akan dibangun bodinya), Body In White (BIW) yakni proses perakitan body bis di atas chassis, paint shop (proses dempul, epoxy, pengecatan dan oven), dan trimming (proses pemasangan interior dan eksterior).







e. Quality Assurance (QA)
QA melakukan pengecekan kualitas material dan unit bis di setiap line produksi. Sebelum unit bis diserahkan ke customer QA melakukan Pre Delivery Inspection (PDI) mengenai kualitas produk yang harus memenuhi standar kualitas seperti pengecekan kebocoran (water test), kerapihan, fungsi-fungsi elektrik (Televisi, audio, lampu, fungsi rem, kunci-kunci dan lainnya). QA pun menangani keluhan pelanggan mengenai customer claim.

Diatas adalah  Proses Produksi Bis di Karoseri Rahayu Santosa baca juga Asosiasi Karoseri Indonesia

Sumber :  http://www.rahayusantosa.com/id/technology/factory.html


.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top