Perbedaan Antara Mesin Bus Hino RG dan Hino RK 8

Dalam dunia perbisan Indonesia mesin Hino memang sudah tidak diragukan lagi kehandalannya,hal ini bisa kita lihat dari banyaknya populasi bis yang menggunakan mesin Hino,walaupun bukan satu-satumya pemain di segmen ini,ada Mercedes Benz dan Scania,tapi pada postingan kali ini saya akan membahas mesin bis Hino.Seperti Hino RG dan RK8 saya kira anda sudah tidak asing lagi mendengar jenis mesin ini,banyak bis di Indonesia yang menggunakan mesin jenis ini. Mungkin anda saudah mengetahui bahwa  RG adalah kakak dari RK8 yang berarti  RG lahir lebih dulu baru setelah itu RK8.Tapi,kadang-kadang kita suka bingung karena jika dilihat sekilas hamper sama,bagaimana sih membedakan kalau bis itu menggunakan mesin Hino RG atau RK8

1. Mesin
Nah,,Pertama-tama kita akan melihat perbedaan mesin RG dan RK8.Kedua mesin ini merupakan satu keturunan J21-Heritage milik Hino.

ini penampang Mesin Hino RG dengan mesin J08C dengan tenaga yg dihasilkan 240ps pada 2.500rpm dan torsi 72Kgm pada 1.500rpm

Kalo ini penampang mesin Hino RK8 dengan memakai jenis J08E-UF R260 mempunyai dua output horsepower range : 235Ps@2.500rpm + 72 Kgm@1.500rpm dan 260Ps@2.500rpm + 76 Kgm@1.500rpm.

2. AIR INTAKE

Air intake atau saluran masuk udara ini merupakan salah satu pembeda antara RG dan RK8,namun ini masih kurang valid karena Hino RG yang direbody jetbus bentuk air intakenya akan sama seperti RK8.Kemudian Hino RK 8 yang posisi filter nya di kiri *sekarang dikanan* itu ga ada air intakenya cek di new travego yang masih smile.

Air Intake Hino RG Image by : baystro.blogspot.com
Bentuk air intake Hino RK8 pada body Jetbus New Marcopolo
Air Intake Hino RK 8

3. VELG

Velg juga merupakan salah satu pembeda yang bisa membedakan antara RG dan RK8
Bentuk velg Hino RG

Velg Hino RG Image by : http://langgam-pantura.blogspot.co.id/
Ini penampakan velg depan Hino RK8
Velg Hino RK 8 Image by: coolmegapro.wordpress.com


4. MUFFLER / KNALPOT

Nah,bagian knalpot ini lah yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan RG dan RK8,,,Yuukkk kita ngolong dulu biar lebih jelas.
Knalpot Hino RG (Lurus)
Knalpot Hino RG Image by : baystro.blogspot.com
Bentuk knalpot Hino RK8 (Meliuk)

Knalpot Hino RK8 Image by : baystro.blogspot.com
5. STIR dan HAND BRAKE

Stir dan hand brake yaitu opsi lain untuk membedakan RG dan RK8,namun untuk dapat melihatnya kita harus masuk ke dalam kabin sopir tentunya.

Bentuk stir dan hand brake Hino RG
Stir Hino RG Image by:  : baystro.blogspot.com

Bentuk stir dan hand brake Hino RK8
Stir Hino RK8 Image by: baystro.blogspot.com

Selain perbedaan yang sudah jelas seperti yang sudah saya jabarkan di atas,kita juga bisa membedakan lewat suara mesin dan knalpotnya.Suara HINO RG itu agak hagar kalau Hino RK8 suaranya lebih kalem.Tapi beda cerita kalau knalpotnya RK8 udah dibobok, persis deh suaranya kayak RG.Jadi suara jangan dijadikan patokan pembeda yang valid ya.Itu sih pembeda yang mudah kita jumpai.

Adapun perbedaan teknis dari Hino RG dan Hino RK8

1.  Hino RG memiliki panjang total chasis 11840 mm,,,,,sedangkan Hino RK 8 memiliki panjang chasis 11470 mm.

2.  Hino RG mengaplikasi straight frame alias rangka kanal C datar dari axle depan hingga rear end, dengan lebar chassis tetap.Sedangkan RK mengaplikasi chassis tangga (ladder frame) dengan tonjolan/lengkungan chassis di atas axle belakang.

3.  HINO RG itu jarak lebar ban depannya itu 1920 mm sedangkan HINO RK8 itu 2040 mm.Jadi kalau dari luar, bannya Hino RG agak didalam dibanding bannya Hino RK8.

4. Hino RG itu jago di trek lurus, coba liat di perbandingan giginya 4300:1.,,,,Kalau RK 8 memiliki segalanya lurus bagus, tanjakan Jago terbukti dari perbandingan rationya 5.125:1

5.Kalau dari sistem pengereman Hino RG itu memakai Air Over Hydraulic system,Sedangkan HINO RK8 memakai Full Air dengan sirkuit ganda.

Cukup sekian informasi tentang membedakan mesin Hino RG dan RK8
.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top