Armada Bus Baru Strategi Pengusaha Bus Untuk Menarik Penumpang

Sebelum adanya harga tiket pesawat murah dari berbagai maskapai penerbangan di Indonesia, jasa angkutan penumpang di dominasi oleh angkutan bus. Layanan angkutan bus ada bebrapa kategori  Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Bus Pariwisata. Ratusan bahkan sampai ribuan kilometer jalan raya di lintasi oleh banyak perusahaan otobus yang melayani trayek AKAP dan AKDP. Pada akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an perusahaan otobus mengalami kejayaaan, sehingga beberapa perusahaan otobus berkembang menjadi besar.
Simber: galeribusindonesia.com
Pada abad 21 di era 2000-an jasa transportasi darat yang menggunakan bus perlahan mulai mengalami penurunan.Ada beberapa factor yang mempengaruhi penurunan jumlah penumpang bus, dari beberapa factor tersebut antara lain  harga tiket pesawat murah dan juga kemudahan untuk mendapatkan mobil pribadi melalui kredit. Adapun factor lain dari internal dari perusahaan otobus itu sendiri seperti rendahnya kualitas armada . Seiring perjalanan usia kendaraan semakin menua. Kondisi armada bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang juga sangat memprihatinkan dan terkadang bisa dibilang lak tak layak jalan.
Sumber : www.kaskus.co.id
Hal ini menyebabkan banyak armada bus dari beberapa PO banyak yang menganggur dan menyebabkan kerugian. Bahkan ada beberapa PO yang benar-benar tidak mampu lagi mengoperasikan armadanya. Sebagian resmi menutup perusahaannya dan sebagian lagi di jual ke perusahaan lain.
Sumber : httpwww.rosalia-indah.comimggallery20163.jpg

Namun dengan  adanya beberapa  pengusaha yang masih  yakin masih ada sebagian penumpang yang memilih untuk tetap menggunakan angkutan bus ini. Beberapa alasan mengapa angkutan darat khususnya bus masih diminati. Ada yang sekedar menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang dilalui. Ada juga yang  takut dan trauma naik pesawat. Ada juga yang memilih naik bus karena ingin bernostalgia, mengenang masa-masa lalu serta ingin menikmati pemandangan di jalan yang dulu pernah di lalui. Dengan berbagai alas an inilah para pengusaha ini ingin menarik kembali para penumpang yang hilang dengan menawarkan armada baru dan pelayanan prima.


Strategi bisnis yang dilakukan oleh Perusahaan Otobus (PO) adalah dengan menyediakan  armada bus baru dan fasilitas yang mewah, dalam bentuk inilah persaingan keunggulan armada untuk menarik minat calon penumpang. Armada bus baru dan fasilitas mewah ini merupakan strategi bisnis untuk menarik minat penumpang dengan menawarkan segala fasilitas yang terbaik bahkan ada fasilitas bus yang hamper mirip interior di pesawat terbang. Dan inilah yang terjadi saat ini,masing-masing PO berusaha memberikan pelayanan terbaik, dan ujungnya penumpang penumpang bus bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.




.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top