Bahasa dan Istilah yang Sering di Gunakan Sopir dan Kernet Bis Kota

Jakarta-Jalurbus. Pernahkah Anda naik bis kota atau bis Antar kota dalam provinsi (AKDP) yang biasanya melintas di jalur perkampungan? Saya kira pasti pernah. Bis kota adalah angkutan sejuta umat ini memang banyak tingkah nya yang unik. Ada istilah-istilah tertentu yang biasanya diucapkan oleh sopir dan kernetnya. Berikut ini adalah beberapa Bahasa dan Istilah yang Sering di Gunakan Sopir dan Kernet Bis Kota

1. Habis
Biasanya kernet bis suka berteriak habis habis  habis.... artinya adalah kita harus turun dari bis karena trayeknya sudah habis. Tapi ada juga oknum kernet dan sopir bis yang nakal , padahal trayeknya belum bener-bener habis, atau belum sampai tempat tujuan tetapi kita sudah disuruh turun, ini yang bikin kita kesel.

2. Sewa
Sewa yang dimaksud kernet atau sopir bis adalah kita sendiri, jadi penumpang bis disebut sewa,nyewa bis kali maksudnya ya he he he

3. Oper/Ikut Belakang
Kalau oper mengoper ini bikin bikin kesel, maksudnya adalah kita harus turun untuk pindah ke bis yang dibelakang yang biasanya masih satu tragedi, kalau kebenaran dapet bis yang masih kosong tidak menjadi masalah, tapi biasanya bis dibelakang juga sudah penuh dan kita mau gak mau harus naik, belum lagi kadang kita masih ditarik ongkos lagi, lengkap deh keselnya.

4. Rapet
Artinya adalah bis yang lain sudah dekat dibelakang . Biasanya si sopir tidak mau disusul dan berusaha menjaga jarak supaya penumpang-penumpang di depan bisa di yang sikat semua. Pada saat
seperti ini biasanya bis akan kejar kejaran, ini yang saya demen he he he
5. Langsung
Sudah tidak asing lagi lagunya sopir bis kota, kadang suka menggunakan akal bulus untuk mendapatkan penumpang banyak . Caranya biasanya suka ngetem diem ditempat sampe seenggaknya kursi keisi semua. Kadang penumpang yang udah pada eneg dan pusing protes pengen buru-buru berangkat, makanya sopirnya suka ngakalin pas manggil penumpang tuh dibilangnya "Langsung, langsung!" yang dimaksudkan langsung berangkat. Padahal mah maju cuma dikit, ya sekitar dua meter lah. Terus abis itu mundur lagi lima meter. Sama aja bohong kan he he.
Sumber: www.bismania.com
6. Kiri Dulu
Maksudnya pas kita mau turun, harus dahulukan kaki kiri. biar kita tidak jatuh ! Tau sendiri lah kalau bis kota itu suka tidak berenti kalau mau nurunin penumpang. Pengen cepat tapi tidak mengutamakan keselamatan.Parah!

7. Tengah Kosong
Istilah ini sering keluar kalo kita lagi mau naik bis tapi pas kita lihat sudah ada yang berdiri di dalam . Kernetnya suka bilang "Tengah kosong!" gitu. maksud dia sih bagian tengah bis yang di antara kursi-kursi itu yang kosong, jadi kita bisa ke situ dan tetap keangkut. Tapi kenyataannya di tengah juga suka sudah  penuh. Masuknya aja juga sudah susah gara-gara orang pengen deket pintu biar gampang turun.

8. Cring-cring-cring!
Kalo terdengar suara koin beradu sih udah saatnya kita kasih ongkos ke kernet yang lagi keliling. Meskipun kayak keliatan tidak ingat kita sudah bayar apa belum, tapi dia nyadar kok kalau gelagat kita aneh pas lagi pura-pura sudah bayar padahal belum.

Bagaimana,anda sudah paham Bahasa dan Istilah yang Sering di Gunakan Sopir dan Kernet Bis Kota semoga anda sekarang sudah mengerti istilah-istilah sopir dan kernetnya? Setidaknya sekarang mengerti lah kalau mereka asik ngobrol sendiri. Biar kita tidak gampang dibohongin juga.
Semoga bermanfaat


.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top