Jakarta, Jalurbus - Setelah Mercedes Benz mengeluarkan Chassis dengan suspensi udara (Air Suspension) seri OH 1626 kemudian OH 1830 ,Mercedes Benz kembali mengeluarkan produk terbarunya yaitu Chasis OC 500 RF OH 1836 dimana Chassis ini mampu menanggung beban hingga 18 Ton dan bertenaga 360 HP. Chassis Mercy OC 500 RF OH 1836 termasuk dalam kategori Chassis bus kelas premium . Karena Chassis Mercedes Benz OC 500 RF OH 1836 bisa dibilang masih baru banyak dari Perusahaan Otobus melirik untuk membangun bis di atas chassis ini dengan berbagai model .
Chassis OC 500 RF OH 1836 dibuat dengan model Space Frame seperti halnya OH 1830 dan OH 1626 yang bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang, peningkatan kualitas dan biaya perawatan yang lebih murah. Berikut ini adalah data spesifikasi teknis dari chassis Mercedes Benz OC 500 RF OH 1836.
Sumber Gambar : http://sanzakiiytoet.blogspot.co.id/ |
Tehnikal Spesifikasi Mercedes Benz OH 1830/ OC 500 RF
|
|
Engine Model
|
MB OM 475 LA. III/22 ; Euro III
|
General Characteristics
|
6 cylinders, vertical in-line, turbo charged and intercooled
|
Power max
|
260 kW (354 cv) @ 2000 rpm
|
Torque max
|
1600 Nm @ 1100 rpm
|
Displacement
|
11.967 cc
|
Clutch Model
|
MFZ 430
|
Type
|
Single disc
|
Actuation
|
Hydro pneumatic with servo-assistance
|
Gearbox Model
|
MB GO 190
|
Manual with 6-speed transmission
|
|
Shifting system
|
Manual lever, by cables
|
Synchronized gears
|
6
|
Gear ratio
|
i=8.17/4.65/2.79/1.81/1.25/1.00 and R= 7.68
|
Maximum speed (km/h)
|
120
|
Maximum ramp capacity (%)
|
Vehicle loaded ; 48 %
|
Front Axle Model
|
Independent RL 75 E
|
Technical loads
|
7.100 Kg
|
Rear Axle Model
|
MB- HO 6 / 3 DCL(S)-13
|
Gear Ratio
|
i=3,154
|
Technical loads
|
11.500 Kg
|
Front Suspensions Type
|
Pneumatic, with 2 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Rear Suspensions Type
|
Pneumatic, with 4 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Steering Model
|
ZF 8098 Hydraulic, power assisted
|
Wheels and Tires
|
|
Wheel ring / Tires
|
8.25x22.5/ 295/80 R 22.5
|
Alternator
|
1 X 28 V / 140 A
|
Battery
|
2 x 12 V / 200 Ah
|
Brakes / Safety related
|
EBS – Electronic Brake System (Wabco),
|
ABS and ASR integrated
|
|
Service Brake
|
Dual circuit full air brake with disc brake front and rear
|
Parking Brake
|
Chamber with accumulative spring, pneumatically operated
|
Jika dilihat dari data spesifikasi di atas, Chassis ini memang di peruntukan bagi bis kelas premium yang lebih mengutamsksn kenyamanan,hal ini bisa dilihat dari suspensi udara yang indipendent (front Axle), dimana Axle depan dapat di bebani hingga 7,1 Ton dan Axle belakang dapat dibebani 11,5 Ton Kelebihan dengan menggunakan Chassis MB OC 500 RF OH 1836 adalah selain suspensi udara yang super empuk, perusahaan otobus juga bisa membuat bis dengan body yang lebih panjang hingga 12,8 Meter karena sebelumnya chassis bis memiliki panjang maksimal 12 meter
.
.