Bagaimana cara yang aman jika kita berkendara di belakang bus besar atau bus AKAP? disamping kita memperhatikan tanda-tanda sein / signal pada bus yang pernah di bahas pada postingan sebelumnya Arti Kode Lampu Sein dan Klakson Pada Bus Malam adalah "Menjaga Jarak Aman" itu merupakan salah satu kuncinya jangan menuruti hawa nafsu atau emosi, kita harus berpikir dan mempertimbangkan seberapa safety nya kendaraan yang kita bawa dair mulai akslerasi, rem dan kekuatan mesin kita untuk bisa mendahului / mengekor bis yg berada di depan kita.
Yang paling penting adalah konsentrasi dan patuhi rambu-rambu lalulintas di jalan.Perlu anda ketahui bahwa sopir-sopir bus malam adalah orang-orang yang sudah berpengalaman,karena syarat untuk menjadi sopir bus malam itu tidak mudah.dan memang sudah terbiasa hidup di jalan dan hampir setiap hari melewati jalan yang sama tentu beda "feeling" sama "touch"nya dengan kita yang masih "newbi" yang mungkin melewati jalur pantura hanya sebulan atau bahkan setahun sekali ketika mudik.
Ada beberapa hal tertentu yang memang perlu dicontoh akan tetapi masih banyak hal yang harus diperbaiki juga dari sikap berlalulintas sopir-sopir bus malam.Mengalah, hal ini juga perlu, karena mengalah bukan berarti kalah,bus-bus malam kalau kita lihat sering mengalah kalau di"blong" Jadi tidak baik jika selalu menuruti nafsu.
Satu lagi tips jika mengikuti bus malam, jangan menggunakan klakson jika kita ingin minta jalan, tapi gunakan isyarat lampu dim sekali saja pasti akan dikasih jalan dengan leluasa, kemudian baru menyalakan klakson kalau sudah berhasil melewati sebagai tanda ucapan terima kasih.
Sopir bus malam juga sangat teratur dalam menggunakan klakson pertama berisik dan pasti akan mengganggu kenyamanan penumpang, bis malam sangat minimal dalam menggunakan klakson, karena klakson itupun juga ada maknanya.
1 kali tanda terima kasih, dan permisi numpang lewa,
klakson panjang tanda marah, biasanya terjadi kalau ada mobil lain yang membahayakan.
Buat para pengendara mobil pribadi di jalur pantura malam, kalau dibelakang anda ada isyarat dim 2x dari bis, berarti anda sedang berjalan terlalu pelan atau terlalu ke tengah. jadi kalau posisi anda sedang mau mendahului, dan dibelakang anda ada isyarat dim 2x, maka dipastikan didepan aman dan sang bis sedang menunggu anda untuk segera mendahului. tapi kalau mau pelan-pelan usahakan untuk berada di jalur terluar (kiri) atau terdalam (kanan).
jika kendaraan yang anda kendarai didahului bis, sedangkan di depan dari arah berlawanan ada kendaraan perhatikan dengan baik badan bis yang mendahului anda, kalau sudah lebih dari setengah badan sebaiknya anda mengurangi kecepatan berikan kesempatan untuk mendahului anda, tapi kalau bis belum mencapai setengah badan segera tambah kecepatan anda. karena kalau sudah setengah badan tapi anda malah menambah kecepatan maka akibatnya akan fatal, anda pasti juga akan terkena dampaknya, begitu pula kalau belum setengah badan anda malah melambat itu juga akan fatal, karena bis tidak punya kesempatan untuk kembali ke posisi semula.
Yang paling penting adalah konsentrasi dan patuhi rambu-rambu lalulintas di jalan.Perlu anda ketahui bahwa sopir-sopir bus malam adalah orang-orang yang sudah berpengalaman,karena syarat untuk menjadi sopir bus malam itu tidak mudah.dan memang sudah terbiasa hidup di jalan dan hampir setiap hari melewati jalan yang sama tentu beda "feeling" sama "touch"nya dengan kita yang masih "newbi" yang mungkin melewati jalur pantura hanya sebulan atau bahkan setahun sekali ketika mudik.
Ada beberapa hal tertentu yang memang perlu dicontoh akan tetapi masih banyak hal yang harus diperbaiki juga dari sikap berlalulintas sopir-sopir bus malam.Mengalah, hal ini juga perlu, karena mengalah bukan berarti kalah,bus-bus malam kalau kita lihat sering mengalah kalau di"blong" Jadi tidak baik jika selalu menuruti nafsu.
Satu lagi tips jika mengikuti bus malam, jangan menggunakan klakson jika kita ingin minta jalan, tapi gunakan isyarat lampu dim sekali saja pasti akan dikasih jalan dengan leluasa, kemudian baru menyalakan klakson kalau sudah berhasil melewati sebagai tanda ucapan terima kasih.
Sopir bus malam juga sangat teratur dalam menggunakan klakson pertama berisik dan pasti akan mengganggu kenyamanan penumpang, bis malam sangat minimal dalam menggunakan klakson, karena klakson itupun juga ada maknanya.
1 kali tanda terima kasih, dan permisi numpang lewa,
klakson panjang tanda marah, biasanya terjadi kalau ada mobil lain yang membahayakan.
Buat para pengendara mobil pribadi di jalur pantura malam, kalau dibelakang anda ada isyarat dim 2x dari bis, berarti anda sedang berjalan terlalu pelan atau terlalu ke tengah. jadi kalau posisi anda sedang mau mendahului, dan dibelakang anda ada isyarat dim 2x, maka dipastikan didepan aman dan sang bis sedang menunggu anda untuk segera mendahului. tapi kalau mau pelan-pelan usahakan untuk berada di jalur terluar (kiri) atau terdalam (kanan).
jika kendaraan yang anda kendarai didahului bis, sedangkan di depan dari arah berlawanan ada kendaraan perhatikan dengan baik badan bis yang mendahului anda, kalau sudah lebih dari setengah badan sebaiknya anda mengurangi kecepatan berikan kesempatan untuk mendahului anda, tapi kalau bis belum mencapai setengah badan segera tambah kecepatan anda. karena kalau sudah setengah badan tapi anda malah menambah kecepatan maka akibatnya akan fatal, anda pasti juga akan terkena dampaknya, begitu pula kalau belum setengah badan anda malah melambat itu juga akan fatal, karena bis tidak punya kesempatan untuk kembali ke posisi semula.
.
.
0 Komentar untuk "Tips Berkendara Mengikuti Bis Malam di Jalur Pantura"