Kecelakan Bus PO Handoyo Di Jalur Alternatif Purwokerto-Pemalang

Kecelakaan maut yang menimpa bus PO Handoyo di Jalan Raya Purbalingga-Pemalang, di Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, penyebab kecelakaan diduga karena rem bus jurusan Jogja-Jakarta itu tak berfungsi baik. Ketika bus  melintas di lokasi yang merupakan turunan tajam dan menikung, pengemudi bus tidak  mampu mengendalikan busnya. Kondisi jalan ditempat kejadian memang bisa dibilang sangat ekstrim  menurun dan menikung  juga minimnya  penerangan jalan juga menjadi salah satu factor penyebab kecelakaan tersebut. Padahal bus berwarna hijau itu melintas sekitar pukul 23.30 WIB. Setelah sopir gagal mengontrol laju kendaraan, bus terguling dua kali di jalan sebelum kemudian nyungsep ke sawah.
Sumber : https://www.facebook.com/hana.mel.5245?fref=ts
"Bus sempat berbalik dua kali di jalan menurun dan menikung. Hingga akhirnya menabrak pohon dan nyemplung ke sawah,"  Sopir bus PO Handoyo kini terancam menjadi tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan delapan penumpangnya. " Nama pengemudi bus PO Handoyo berpelat nomor AA1409EA tersebut adalah Agus Suyanto  50 Tahun warga Kelurahan Cacaban RT 004 RW 012, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Ada sejumlah pertimbangan yang membuat sopir bus terancam menjadi tersangka, diantaranya adalah perjalanan bus yang menyalahi trayek. Bus tersebut seharusnya melakukan perjalanan dari Jogja atau Purworejo ke Jakarta via Jalan Raya Purwokerto-Tegal.
Sumber : https://www.facebook.com/hana.mel.5245?fref=ts
Jalur bus seharusnya melalui jalan Purwokerto-Tegal menuju ke Jakarta. Tetapi dikarenakan  jalan yang seharusnya silalui tersebut sedang rusak parah dan macet," dengan inisiatif pengemudi kemudian dari Purwokerto balik lagi ke Purbalingga dan melalui jalur Purwokerto-Pemalang.  Apakah pengemudi bus tidak mengenal kondisi jalan yang di sejumlah titik sempit dan memiliki banyak tanjakan dan turunan itu? Berdasarkan informasi yang saya kutip dari media online Tribunnews.com " Sebenarnya pengemudi sudah  mengetahui medan dan kondisi jalan karena pernah melalui jalur Purbalingga-Pemalang," Kecelakaan tunggal ini diduga karena sistem pengereman bus tak berfungsi baik. Sopir tidak bisa mengendalikan bus di jalan menurun sehingga kendaraannya oleng dan terbalik sebelum masuk ke sawah.


.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top